Latest News

5 Candi yang Menjadi Wisata Sejarah di Malang dengan Spot Foto Aesthetic



Wisata Malang - Di Malang yang terkenal sebagai kota wisata, di mana tersebar berbagai destinasi wisata mulai dari wisata alam, wisata kekinian, wisata budaya, wisata kuliner, dan lainnya. Kebanyakan wisata di Malang didominasi oleh wisata alam seperti pantai, air terjun, gunung, dan lainnya. Kalau ke tempat seperti pantai, gunung, maupun air terjun, bagaimana dengan candi?

Candi salah satu wisata budaya sekaligus menyuguhkan pemandangan alam yang khas ini juga ada, lho, di Malang. Mungkin jarang terdengar karena tidak begitu populer di kalangan traveler kekinian, tetapi candi juga bisa menjadi tempat wisata untuk hunting foto aesthetic. Nah, ada beberapa candi di Malang Raya yang bisa jadi spot foto instagrammable, antara lain:


1.Candi Badut

Candi yang tidak jauh dari pusat kota ini terletak tepat di Jalan Raya Candi V No. 5D, Dusun Doro, Karangwidoro, Dau, Malang. Bahkan, ada yang mengatakan apabila candi ini mempunyai kemiripan dengan Candi Dieng di Jawa Tengah dari bentuk dan reliefnya yang simetris. Candi Badut sendiri diperkirakan selesai dibangun pada masa Kerajaan Kanjuruhan yang merupakan bangunan suci tertua di Jawa Timur di tahun 760 Masehi.

2.Candi Singasari

Di Desa Candi Renggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang tedapat Candi Singasari yang juga dikenal dengan Candi Menara ataupun Candi Cungkup. Candi Singasari merupakan candi yang tertinggi pada masanya, yaitu sekitar 1,5 meter. Candi ini terlihat seakan memiliki dua susunan karena terdapat bagian bawah atap candi yang berbentuk persegi, terdapat ruangan berupa ruangan kecil dengan relung di setiap sisinya.

3.Candi Jago

Ingin berkunjung ke candi sekaligus menikmati pemandangan alam yang segar, Sobat bisa pergi ke candi yang terletak di lembah Bromo yang letaknya di Dusun Jago, Tumpang, Kabupaten Malang. Bangunan berwujud reruntuhan candi yang masih belum dipugar Candi dengan tinggi 1 meter ini memilki arsitektur yang mirip dengan punden berundak. 

4.Candi Kidal

Candi yang diduga merupakan pendarmaan dari Anusapati, yaitu anak Ken Dedes yang menikah dengan Tunggul Ametung. Candi Kidal ini mempunyai denah dasar yang bentuknya mirip bujur sangka dengan ukuran 8,36 meter x 8,36 meter. Selain itu, candi ini memiliki menara berlanggam yang bentuknya ramping serta mempunyai atap yang membumbung tinggi atau disebut shikara. Apabila Sobat penasaran bisa berkunjung ke Desa rejokidal, Tumpang, Kabupaten Malang.


5.Candi Sumberawan

Mungkin candi ini jarang terdengar dalam sejarah, tetapi perlu diketahui Candi Sumberawan merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit yang dibangun setelah tahun 1359 Masehi. Candi Sumberawan berada di Desa Toyomarto, Singosari Malang, tidak jauh dari Candi Singosari.

Itulah lima candi yang ada di Malang, selain menjadi wisata sejarah juga menjadi wisata edukasi sekaligus hunting foto aesthetic. Bagaimana tidak? Bangunan kuno dengan arsitektur yang luar biasa karena dibuat dari masa kerajaan. Tentunya, bakalan jadi foto terbaik di instagram yang aesthetic, nih. Mana nih candi yang sudah pernah Sobat kunjungi?
 
Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877