Latest News

Berkunjung Ke Gunung Bromo, Jangan Lakukan 4 Hal Ini!



Wisata Malang - Liburan ke gunung bromo menjadi keinginan banyak orang karena keindahan dan suasana sejuk di sana yang menenangkan. Gunung bromo sendiri selalu menjadi destinasi yang dipilih wisatawan untuk liburan, karena pesona gunung berapi aktif satu ini sangat menarik. Akan tetapi, ada berbagai larangan yang perlu Sobat Traveler taati saat berkunjung ke sana.

Sebagai tempat indah Gunung Bromo juga memiliki kesakralan dan berbagai mitosnya. Tak bisa dimungkiri apabila gunung di Jawa Timur juga kental dengan berbagai cerita penduduknya. Gunung sendiri juga cukup berbahaya untuk dikunjungi apalagi Bromo termasuk gunung aktif yang bisa kapan saja terbangun dari tidurnya, Bahkan, saat menyisiri hamparan pasirnya yang juga terjal, Sobat perlu berhati-hati. Berikut 4 larangan saat pergi ke Gunung Bromo:


1.Tidak boleh mengambil apapun di sana

Hal yang perlu dicatat dan diingat saat bertamu ke suatu tempat atau mengunjungi destinasi wisata alam, jangan mengambil apapun yang ada di sana. Meskipun batu indah, batu bata, batu alam, dan lainnya. Terlebih bunga dan tanaman lainnya yang menurut Sobat menarik, jangan memungutnya.

2.Jangan melempar batu ke kawah gunung

Kawah menjadi bagian paling penting sekaligus berbahaya dari gung. Terlebih di Gunung Bromo kawahnya menjadi hal yang disakralkan oleh masyarakat sekitar. Sehingga, Sobat dilarang melempar batu atau yang lainnya ke dalam kawah karena dianggap tidak sopan.

3.Larangan kencing menghadap Gunung Bromo untuk laki-laki

Untuk wisatawan, laki-laki dilarang menghadap Gunung Bromo, hal ini dianggap tidak sopan oleh orang awam. Apalagi untuk masyarakat di gunung, hal ini dianggap sebagai perbuatan melecehkan kesakralan Gunung Bromo dan dianggap melanggar adat istiadat suku Tengger.


4.Dilarang melangkahi pawon

Pawon mungkin terdengar asing di telinga Sobat Traveler, perlu diketahui apabila pawon merupakan perkakas yang digunakan suku Tengger untuk memasak. Pawon merupakan alat perkakas yang tidak boleh dilangkahi saat berkunjung ke daerah ini, secara maupun tidak hal ini menjadi larangan keras.

Jangan coba-coba untuk melakukannya, ya, karena konsekuensinya hukum adat istiadat dan kepercayaan masyarakat. Memang tentang makhluk mistis tidak sepenuhnya bisa dipercaya, akan tetapi sudah banyak kejadian yang menjadi teguran tentang ini. Sebagai sopan santun dalam berkunjung atau bertamu ke suatu tempat pun hal ini tidak baik, ada baiknya dihindari. Apalagi nih mitos yang sering Sobat dengar dari cerita-cerita di gunung?
 
Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877