Latest News

Bangunan Bersejarah yang Instagramable? Malang Ada Kok






Wisata Malang - Malang memang gudangnya tempat wisata serta makanan khasnya. Pasti kalau tentang tempat wisata yang instagramable, pasti kalian akan langsung berfikir seperti pantai, taman dan lainnya. Ternyata bangunan bersejarah juga ada yang instagramable loh. Yah, di Malang terdapat banyak sekali bangunan-bangunan bersejarah. Selain bersejarah, tempat-tempat tersebut juga instagramable. Kalau sudah membicakan tentang tempat-tempat yang bersejarah, kalian pasti akan langsung kepikiran tentang zaman dahulu.

Apalagi Malang juga memiliki banyak candi yang belum banyak diketahui oleh masyarakat, khususnya yang berasal dari luar Pulau Jawa. Yah, candi merupakan bangunan bersejarah yang sampai saat ini masih ada dan dijaga. Tidak heran banyak wisatawan mancanegara yang mengunjungi pulau jawa yang sebagian besarnya mengunjungi lokasi candi. Selain candi, juga ada bangunan yang instagramable yang ada di Malang. Nah, berikut ini bangunan bersejarah yang ada di Malang.


1. Gereja Ijen
Sesuai dengan namanya, gereja yang satu ini terletak di sudut jalan yang berdekatan dengan jalan Ijen. Jalan Ijen sendiri merupakan salah satu jalan di Malang yang terkenal dengan keindahan arsitekturnya yang menjadi andalan para wisatawan yang berkunjung untuk jalan-jalan santai. Keindahan jalanan ini ditambah dengan adanya sebuah gereja yang telah cukup lama berdiri dengan kokoh. Hal tersebut menarik perhatian dikarenakan bangunan tersebut arsitekturnya bergaya neo-gotik Eropa yang sangat elegan. Ternyata gereja ini telah berdiri sejak zaman kolonial Belanda yang dulunya merupakan komplek pemukiman orang Belanda.



2. Klenteng Eng An Kiong
Bisa dikatakan bahwa klenteng yang satu ini telah berdiri sejak 1982. Kelenteng ini menjadi saksi perkembangan masyarakat Tionghoa yang ada di Malang. Bangunan ini memiliki cat warna merah yang khas tiongkok pada umumnya, terletak di Jalan Laksamana Nomor 1 Malang. Menurut cerita yang beredar, klenteng ini dibangun atas ide Liutenant Kwee Sam Hway sebagai pertanda bahwa pada saat itu sudah ada komunitas masyarakat Tionghoa di Malang. Hingga kini, klenteng tersebut tidak hanya sebagai pusat ibadah saja, tetapi juga digunakan sebagai pusat budaya dan acara besar. Salah satu acara yang ada di klenteng ini ialah acara Cia Pene An, yaitu acara pemberian makan gratis bagi pengunjung maupun warga sekitar.





3. Candi Jawar Ombo
Untuk yang punya hobi mengunjungi candi, kalian bisa mengunjungi candi Jawar Ombo yang ada di Malang. Candi yang terletak di kaki gunung Semeru, membuat candi ini jarang dikunjungi. Hal tersebut dikarenakan jarak tempuh dari kurang lebih 32 kilometer dari Kota Malang. Kelelahan saat mengunjungi candi ini akan terbayarkan dengan melihat pemandangan ilalang yang menghampar di sekeliling candi sekaligus pemandangan gunung semeru tepat di depan mata karena menghadap bangunan ini. Bangunan ini juga menyimpan misteri dan belum banyak catatan sejarah yang membahas candi ini. Tidak hanya itu, penemuan candi ini juga cukup unik. Candi ini ditemukan sekitar tahun 1983 oleh warga sekitar dalam posisi yang terpendam tanah.



4. Museum Malang Tempo Doloe
Kalau kalian ke Malang, tidak lengkap jika tidak mengunjungi tempat yang satu ini. Kalau kalian ke sini akan kembali mengingat masa dulu. Letak museum yang satu ini juga berada di belakang balai kota Malang, sehingga untuk menuju lokasi ini cukup mudah. Di sini kalian akan menemukan berbagai koleksi dari zaman purbakala hingga Malang sekarang lengkap dan dikemas dengan konsep yang modern. Tentunya kalian tidak akan bosan mengelilingi museum yang satu ini.

Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.



2 komentar:

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877