Latest News

Sentra Kerajinan Keramik Dinoyo, Pusat Kerajinan Keramik di Malang





Wisata Malang -  Hay guys… buat kalian yang suka kerajin keramik nih. Sentra Kerajinan Keramik Dinoyo merupakan salah satu pusat kerajinan dan souvenir yang ada di kota Malang. Kalau ke Malang jangan lupa untuk membeli oleh-oleh kerajinan dan souvenir yang ada di sini ya guys.

Baca juga : Tips yang Perlu Dilakukan Sebelum Membeli Hp Untuk Travelling


Sentra Kerajinan Keramik Dinoyo berlokasi di Jl. MT Haryono Kelurahan Dinoyo. Di pusat kerajinan ini terdapat beberapa Universitas yang mengapit tempat wisata ini. Sentra Kejainan Dinoyo sedikit tertinggal dengan wisata yang baru-baru ngehits seperti BNS dan Jatim Park yang terletak di kota Batu, Malang. 




Bahkan hampir terlupakan nama tempat kerajinan ini oleh para wisatawan, tetapi warga yang ada di sekitar tidak pernah putus asa, mereka tetap membuat kerajinan keramik dengan penuh semangat. Warga berharap agar pemerintah sadar dengan potensi tempat ini dan memerbaiki sarana-prasarana di sekitar tempat ini, seperti kerusakan jalan yang hingga kini masih belum diperbaiki.

Letak kerajinan ini berada di keramaian dan di kawasan pendidikan. Apa lagi kedatangan wisatawan yang relatif banyak jalanan menjadi macet oleh sepeda motor para wisatawan yang tidak mendapat parkir di tempat wisata ini.

Para wisatawan yang berkunjung, dapat menemui berbagai macam kerajinan keramik yang ada di sini yaitu asbak, gelas ataupun hiasan dinding patung yang cocok ditempatkan di ruang tamu.
Harga kerajinan keramik cukup murah di bandingkan kerajinan keramik di tempat lain. Jadi kerajinan keramik ini mempunyai daya tarik sendiri untuk para pecinta kerajinan keramik. Ya, selain harganya yang murah, tentu dengan kualitas yang mumpuni.

Di sekitar tempat kerajinan keramik ini dahulunya terdapat pabrik besar yang sekarang sudah tidak lagi berjalan. Karena pabrik ini tidak beroperasi lagi, warga setempat memutuskan untuk lebih mendominasi di bagian kerajinan daerah tersebut.

Bahan yang digunakan untuk membuat keramik hias adalah tanah liat putih, pasir, dan tanah liat yang kemudian diaduk menggunakan air dan dicetak, setelah itu baru dikeringkan. Jika sudah kering proses selanjutnya adalah pembakaran dalam tungku api bersuhu panas. Untuk proses selanjutnya saya kurang tahu, ehe. Yang pasti masih panjang ya prosesnya, karena harus jadi kerajinan keramik yang mengkilap dan sia untuk diual.


Tertarik nggak nih buat beli oleh-oleh keramik di Kerajinan Keramik Dinoyo ini? Harganya yang murah dan kualitas bagus bikin saya pingin beli guci-guci yang cantik, huhu. Jangan sampai kalap kalau ke sini ya, ehe.




Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877