Latest News

Keindahan Pantai Sipelot, Tirtoyudo





dokumentasi : Wisata Malangku

Wisata Malang - Mengintip deretan kawasan pantai selatan mungkin sudah banyak yang tahu, karena sudah sering diberitakan di media masa. Ada beberapa deretan pantai yang  masih alami dan membuat kita berdecak kagum saat melihatnya secara langsung, kawasan pantai yang masih perawan membuat kita semakin penasaran untuk mengexplore lebih dalam keindahannya.


Kali ini kami akan mereview salah satu pantai perawan yang termasuk dalam kawasan pantai selatan, ialah PANTAI SIPELOT, pantai yang berada di kawasan Tirtoyudo Dampit – Malang ini masih sangat alami dan perawan, karena belum banyak yang mengetahui keberadaanya. Akses jalan menuju pantai masih cukup alami, untuk menuju lokasi wisata kita harus melawati jalan yang lumayan menikuk, naik turun melingkari tebing dan kondisi jalan yang tidak terlalu lebar membuat kita harus berhati-hati saat berkendara, lebih disarankan sebaiknya menggunakan motor yang standar sehingga mengurangi kemungkinan untuk tergelincir.  

Baca Juga : Keindahan Pantai Ngliyep, Malang

Terdapat beberapa  pantai di kawasan  Dampit, salah satunya Pantai Lenggoksono yang baru-baru ini sudah diresmikan, letaknya tak jauh dari lokasi Pantai Sipelot, tepat berada satu blok saja.  Namun kali ini tujuan  saya menuju kawasan  Pantai Sipelot, kawasan yang benar–benar masih asri.  







Untuk faslitas masih belum terlalu lengkap hanya ada mushola serta kamar mandi umum yang alakadarnya, namun masih layak untuk digunakan. Maklum saja jika belum ada fasilitis karena untuk menuju wisata ini tidak dikenai tiket masuk jadi masih gratis. Pantai Sipelot difungsikan sebagai pintu keluar masuk oleh nelayan yang tinggal di kawasan Tirtoyudo, Pakis, Tumpang, dan sekitarnya.

Secara grafis, pantainya tak terlalu luas seperti pantai pada umumnya, bentuk pantai hampir menyerupai teluk dan terkesan seperti membentuk  huruf U. Di bagian pesisir timur terdapat area air tawar yang lumayan luas dengan pasir halusnya, dibatasi langsung dengan tebing dan batu yang sangat indah. Pantai ini memiliki kondisi pasir yang sangat halus dan putih mirip seperti pasir Pantai Kuta-Bali, ombaknya pun lumayan tinggi oleh karenanya dimanfaatkan nelayan setempat untuk menjala ikan. 

Baca Juga : Balekambang, Pantai Tanah Lotnya Malang

Kawasan air tawar sedikit panas karena masih gersang, namun jangan khawatir pada bagian ujung barat pantai terdapat rimbunan pepohonan sehingga tidak terlalu gersang dan sangat nyaman untuk dijadikan tempat bersantai sembari menikmati semilir segarnya angin pantai, bahkan di akhir pekan biasanya pantai ini terdapat komunitas Pencinta Alam ataupun grup anggota TNI yang melakukan camping di pesisir pantai.

Yang perlu di perhatikan sebaiknya kalian membawa perbekalan makanan dari rumah, karena di lokasi pantai tidak ada penjual makanan apapun, hanya ada toko kecil milik warga sekitar yang menjual makanan ringan dan minuman, so lebih baik bawa perbekalan dari rumah, daripada nanti kebingungan pas di lokasi wisata.





2 komentar:

  1. Emang kalo dipantai-pantai yang masih bersih dan sepi gini rata-rata jarang ada warung makan ya mak, sekalinya ada biasanaya nembak harga. ZBL. MAkasi infonya ya Maaaaak :D

    BalasHapus
  2. Memang sudah banyak yang tau tentang pantai ini mba tapi belum banyak yang kesana salah satu nya saya :D hanya tau di media masa tapi tidak tahu dalam dunia nyata :D

    BalasHapus

Anda ingin tempat wisata, kuliner, dan hotel Anda lebih dikenal dengan web ini? Kami akan membantu Anda. Bisa hubungi kami di SMS/TELP/WA : 085103414877